Hubungan Stunting Dengan Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri Diule Kecamatan Tolitoli Utara Kabupaten Tolitoli

Authors

  • Alkarni Sarda Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Abd Hakim Laenggeng Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Amiruddin Kasim Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22487/jbse.v10i1.2465

Keywords:

Status Stunting, Prestasi Belajar, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan status stunting dengan prestasi belajar Siswa di SD Negeri Diule Kecamatan Tolitoli Utara Kabupaten Tolitoli. Jenis penelitian deskriptif  korelasional dengan menggunakan pendekatan Cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Diule. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling dengan jumlah sampel yang didapatkan 120 siswa yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 84 siswa (69%) berstatus normal dan 36  siswa (31%) berstatus stunting. Pada prestasi belajar  terdapat 114 siswa (95%) pada kategori baik dan 6 siswa (5%)  pada kategori kurang. Berdasarkan hasil uji korelasi Pearson Product Moment yaitu dengan nilai 0.331 pada signifikansi 5% ini dibuktikan dengan nilai Sig. (2 -tailed) yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 dengan rincian yaitu 0,048 < 0.05 yang berarti bahwa H₀ ditolak dan Ha diterima dengan interprestasi bahwa terdapat hubungan yang rendah antara status stunting dengan prestasi belajar siswa di SD Negeri Diule Kecamatan Tolitoli Utara Kabupaaten Tolitoli.

Downloads

Published

2022-09-21

How to Cite

Sarda, A., Laenggeng, A. H., & Kasim, A. (2022). Hubungan Stunting Dengan Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri Diule Kecamatan Tolitoli Utara Kabupaten Tolitoli. Journal of Biology Science and Education, 10(1), 44–51. https://doi.org/10.22487/jbse.v10i1.2465

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>