Pengaruh Kombinasi Ekstrak Daun Pare (Momordica charantia L.) dan Kunyit (Curcuma longa) Terhadap Kadar Kreatinin Pada Tikus (Rattus norvegicus) yang Diinduksi CCl4

Authors

  • Suchin Ramadhan Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Achmad Ramadhan Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Abd Hakim Laenggeng Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • I Nengah Kundera Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22487/jbse.v9i2.1733

Keywords:

Daun pare; Kunyit; Kadar kreatinin; Rattus norvegicus; CCl4

Abstract

Daun pare dan kunyit mengandung seyawa-seyawa kimia seperti flavonoid dan kurkumin yang berperan sebagai antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pemberian kombinasi ekstrak daun pare (Momordica charantia L.) dan kunyit (Curcuma longa) terhadap penurunan kadar kreatinin darah tikus (Rattus norvegicus) yang diinduksi dengan karbon tetraklorida (CCl4) dan pemanfaatan nya sebagai media pembelajaran. Penelitian menggunakan eksperimen laboratorium dengan pola rancangan acak lengkap (RAL). Sebanyak 18 ekor tikus jantan diberi perlakuan. Kelompok (Kn) merupakan kelompok tanpa perlakuan, (K-) hanya diinduksi CCl4 secara per oral, (P1) diberi kombinasi ekstrak daun pare dan kunyit konsentrasi 10%, (P2) diberi kombinasi ekstrak daun pare dan kunyit konsentrasi 20%, (P3) diberi kombinasi ekstrak daun pare dan kunyit konsentrasi 40%, dan (P4) diberi kombinasi ekstrak daun pare dan kunyit konsentrasi 80%. Data dianalisis dengan ANAVA menggunakan program STAT-27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pemberian kombinasi ekstrak daun pare dan kunyit terhadap penurunan kadar kreatinin pada tikus. Konsentrasi kombinasi ekstrak daun pare dan kunyit yang optimal menurunkan kadar kreatinin pada tikus yang diinduksi CCl4 yaitu pada konsentrasi 80%. Dan hasil penelitian ini layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam bentuk poster.

Downloads

Published

2022-02-21 — Updated on 2021-12-05

Versions

How to Cite

Ramadhan, S., Ramadhan, A., Laenggeng, A. H., & Kundera, I. N. (2021). Pengaruh Kombinasi Ekstrak Daun Pare (Momordica charantia L.) dan Kunyit (Curcuma longa) Terhadap Kadar Kreatinin Pada Tikus (Rattus norvegicus) yang Diinduksi CCl4. Journal of Biology Science and Education, 9(2), 780–785. https://doi.org/10.22487/jbse.v9i2.1733 (Original work published February 21, 2022)

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>