Hubungan Pengetahuan Gizi dengan Praktik Gizi Seimbang Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNTAD dan Implementasinya sebagai Media Pembelajaran

Authors

  • Moh Hidayat Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Abd Hakim Laenggeng Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Lilies Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22487/jbse.v7i2.1136

Keywords:

Pengetahuan gizi; Praktek gizi seimbang; poster

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu mendeskripsikan hubungan pengetahuan gizi  dengan praktik gizi seimbang Mahasiswa Prodi Biologi FKIP UNTAD. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan metode Stratified Random Sampling yang merupakan bentuk sampling dimana populasi atau elemen populasinya dibagi dalam  kelompok-kelompok yang disebut strata.. Berdasarkan analisis korelasi diperoleh hasil rhitung sebesar 0.4333 dan rtabel sebesar 0,2084 sehingga rhitung lebih besar dari r tabel. Hal ini menunjukkan bahwa adanya hubungan signifikan antara pengetahuan gizi dengan praktek gizi seimbang, juga didukung oleh Sugiyono (2013) pada tabel pedoman interprestasi koefisien korelasi yang menyatakan pada rentang  0,400 – 0,599 nilai korelasinya pada kategori sedang. Hasil penelitian yang diperoleh dijadikan sebagai media belajar berupa poster. setelah melalui validasi oleh tim ahli dan diujikan kepada mahasiswa media pembelajaran ini layak untuk digunakan sebagai media belajar karena memiliki nilai persentase 86,15%.

Downloads

Published

2021-07-25

How to Cite

Hidayat, M., Laenggeng, A. H., & Lilies. (2021). Hubungan Pengetahuan Gizi dengan Praktik Gizi Seimbang Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNTAD dan Implementasinya sebagai Media Pembelajaran. Journal of Biology Science and Education, 7(2), 499–505. https://doi.org/10.22487/jbse.v7i2.1136

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>