Keanekaragaman Kupu-Kupu (Sub Ordo Rhopalocera) Di Kawasan Taman Hutan Raya Sulawesi Tengah Kelurahan Kawatuna Kota Palu dan Pemanfaatannya Sebagai Media Pembelajaran

Authors

  • Novriadi Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Fatmah Dhafir Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • I Nengah Kundera Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Bustamin Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22487/jbse.v8i2.1303

Keywords:

Keanekaragaman; Kupu-Kupu; Media Pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman kupu-kupu di Kawasan Taman Hutan Raya Sulawesi Tengah Kelurahan Kawatuna Kota Palu serta membuat media pembelajaran dalam bentuk buku saku. Pengambilan data menggunakan teknik survey, studi pustaka dan dokumentasi. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan teknik jelajah dan menggunakan indeks keanekaragaman Shannon-wienner. Kupu-kupu yang diperoleh pada penelitian ini sebanyak 23 spesies dan terdiri dari tiga famili yaitu famili Papilionidae, Pieridae dan Nymphalidae. Hasil analisis indeks keanekaragaman kupu-kupu secara keseluruhan yaitu 2,645 dengan kategori sedang. Kupu-kupu yang ditemukan sebanyak 23 spesies yang terdiri dari 3 famili dan 16 genus. Hasil analisis kelayakan buku saku yang layak dijadikan sebagai media pembelajaran biologi dengan nilai rata-rata yaitu 81,5%, Kategori Sangat Layak.

Downloads

Published

2021-10-19 — Updated on 2020-12-01

Versions

How to Cite

Novriadi, Dhafir, F., Kundera, I. N., & Bustamin. (2020). Keanekaragaman Kupu-Kupu (Sub Ordo Rhopalocera) Di Kawasan Taman Hutan Raya Sulawesi Tengah Kelurahan Kawatuna Kota Palu dan Pemanfaatannya Sebagai Media Pembelajaran. Journal of Biology Science and Education, 8(2), 687–693. https://doi.org/10.22487/jbse.v8i2.1303 (Original work published October 19, 2021)

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>