Uji Kandungan Karbohidrat Pada Buah Pisang Kultivar Pisang Kepok (Musa paradisiaca L.) Pada Tingkat Kematangan dan Olahan yang Berbeda

Authors

  • Rizki Nurhalimah Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Astija Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • I Nengah Kundera Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Dewi Tureni Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22487/jbse.v7i2.1141

Keywords:

Pisang kepok; Karbohidrat; Poster

Abstract

Pisang merupakan tumbuhan budidaya yang berpotensi dikembangkan secara masif sebagai bahan pangan alternatif pengganti makanan pokok. Namun, masih sedikit yang mengetahui bahwa buah pisang khususnya buah pisang kepok mengandung karbohidrat dan berapa banyak karbohidrat yang terkandung pada pisang kepok berdasarkan tingkat kematangan dan olahan yang berbeda, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menentukan kandungan karbohidrat pada buah pisang dari kultivar pisang kepok (Musa  paradisiaca L.) pada tingkat kematangan dan olahan yang berbeda serta menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk poster. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Data penetelitian dianalisis dengan software XLSTAT 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kematangan dan olahan pisang kepok menunjukan perbedaan yang signifikan terhadap kadar karbohidrat seperti glukosa, fruktosa, sukrosa dan amilum buah pisang kepok  dan poster hasil penelitian ini layak dijadikan media pembelajaran.

Downloads

Published

2021-07-25 — Updated on 2019-12-05

Versions

How to Cite

Nurhalimah, R., Astija, Kundera, I. N., & Tureni, D. (2019). Uji Kandungan Karbohidrat Pada Buah Pisang Kultivar Pisang Kepok (Musa paradisiaca L.) Pada Tingkat Kematangan dan Olahan yang Berbeda. Journal of Biology Science and Education, 7(2), 463–468. https://doi.org/10.22487/jbse.v7i2.1141 (Original work published July 25, 2021)

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>