Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Perhatian Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Palu

Authors

  • Lisa Safitri Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Andi Tanra Tellu Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Ritman Ishak Paudi Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22487/jbse.v6i1.1007

Keywords:

Pembelajaran kooperatif; Think Pair Share; Perhatian belajar siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap perhatian belajar siswa tentang biologi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitianNon Equivalen Control Group Design.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA II sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA III sebanyak 29 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini memberikan perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif tipe think pair sharepada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran biasa.Hasil penelitian diperoleh dari angket dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji-ANOVA, dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai Fhitung 3,614 yang menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair shareberpengaruh nyata terhadap perhatian belajar siswa tdengan nilai signifikansi sebesar 0,016yang menunjukkan nilai signifikan <0,05, artinya ada perbedaan nilai rata – rata dari hasil angket, Maka Ha diterima dan Ho di tolak.

Downloads

Published

2021-06-24

How to Cite

Safitri, L., Tellu, A. T., & Paudi, R. I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Perhatian Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Palu. Journal of Biology Science and Education, 6(1), 179–184. https://doi.org/10.22487/jbse.v6i1.1007

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>