Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA Biologi di SMP Negeri 7 Palu

Authors

  • Humaira Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Mohammad Jamhari Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Ritman Ishak Paudi Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Mursito S. Bialangi Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22487/jbse.v8i1.1166

Keywords:

Model pembelajaran; Biologi; SMP Negeri 7 Palu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA Biologi di SMP Negeri 7 Palu. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalen control group design. Penelitian dilakukan pada dua kelompok kelas : kelas VII A (n=32) sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B (n=27) sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pusposive sampling. Instrument utama yang digunakan yaitu tes essay sebanyak 10 butir soal yang kemudian dianalisis dengan uji hipotesis bantuan software SPSS 18,0 independent samples test t- test. Hasil hipotesis menggunakan bantuan software SPSS diperoleh data Sig.(2-tailed) < 0,05  yaitu 0.000 < 0.05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA Biologi di SMP Negeri 7 Palu.

Downloads

Published

2021-08-30

How to Cite

Humaira, Jamhari, M., Paudi, R. I. ., & Bialangi, M. S. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA Biologi di SMP Negeri 7 Palu. Journal of Biology Science and Education, 8(1), 593–601. https://doi.org/10.22487/jbse.v8i1.1166

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>