Jenis-jenis Tanaman Obat yang digunakan Masyarakat di Desa Pandere, Kecamatan Gumbasa dan Pemanfaatannya sebagai Media Pembelajaran

Authors

  • Tirsa Naftalia Bota Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Andi Tanra Tellu Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Mestawaty As. Achmad Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22487/jbse.v7i2.1139

Keywords:

Desa Pandere; Media pembelajaran; Tanaman obat

Abstract

Tanaman obat adalah jenis tanaman yang sebagian atau seluruh isi tanaman tersebut, seperti daun, batang, buah, umbi (rimpang), hingga akar digunakan sebagai obat, bahan, atau ramuan obat-obatan. Badan Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan obat herbal atau medicinal plants sebagai tanaman yang digunakan dengan tujuan pengobatan dan merupakan bahan asli dalam pembuatan obat herbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis dan cara pemanfaatan tanaman obat yang dimanfaatkan oleh masyarakat di Desa Pandere serta pemanfaatannya sebagai media pembelajaran. Pengambilan data melalui teknik wawancara dan pengambilan sampel dengan teknik jelajah bersama informan, penelitian ini dilaksanakan di Desa Pandere Kecamatan Gumbasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 25 jenis tanaman obat yang dimanfaatkan masyarakat sebagai khasiat mengobati penyakit antara lain Kolestrol, Asam Urat, Sakit gigi, Ginjal, Diabetes, maag dan lain-lain. Bagian tumbuhan yang dimanfaatkan antara lain daun, buah, umbi, akar dan seluruh bagian tumbuhan dengan cara penggunaan yang berbeda-beda. Hasil validasi media pembelajaran diperoleh nilai sebesar 85%, dengan demikian layak dikembangkan sebagai media pembelajaran dalam bentuk buku saku.

Downloads

Published

2021-07-25

How to Cite

Bota, T. N., Tellu, A. T., & Achmad, M. A. (2021). Jenis-jenis Tanaman Obat yang digunakan Masyarakat di Desa Pandere, Kecamatan Gumbasa dan Pemanfaatannya sebagai Media Pembelajaran. Journal of Biology Science and Education, 7(2), 525–532. https://doi.org/10.22487/jbse.v7i2.1139

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>