Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Minat Belajar Siswa Tentang Biologi di MAN 1 Kota Palu

Authors

  • Asnifa Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Andi Tanra Tellu Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Astija Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22487/jbse.v6i1.1003

Keywords:

Pembelajaran kooperatif; Think pair share; Minat belajar siswa

Abstract

Pembelajaran di MAN 1 Kota Palu menggunakan pembelajaran langsung atau pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran. Hal inilah yang mendasari dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap minat belajar siswa tentang biologi di MAN 1 Kota  Palu. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa di MAN 1 Kota Palu dan sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI MIA II sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIA III sebanyak  29 siswa sebagai kelas kontrol serta pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini memberikan perlakuan berupa model pembelajaran tipe TPS pada kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran langsung. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik  angket tentang minat belajar siswa dan observasi keterlaksanaan sintak pembelajaran.  Analisis data dilakukan dengan teknik anova yang diawali dengan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh nyata penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap minat  belajar  siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji anova yang diperoleh yakni nilai probalitas signifikansi sebesar 0,003 < 0,05 serta F hitung sebesar 4,824 > F tabel sebesar 2,69  maka H1  diterima dan H0  ditolak.

Downloads

Published

2021-06-24

How to Cite

Asnifa, Tellu, A. T., & Astija. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Minat Belajar Siswa Tentang Biologi di MAN 1 Kota Palu. Journal of Biology Science and Education, 6(1), 166–173. https://doi.org/10.22487/jbse.v6i1.1003

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>