PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS DAERAH BELAH KETUPAT KELAS VII MTsN PALU SELATAN

Authors

  • Errika Rahmawanti
  • Marinus B. Tandiayuk

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas daerah belah ketupat di kelas VII MTsN Palu Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain Kemmis dan Mc. Taggart yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Palu Selatan yang berjumlah 25 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dan masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas daerah belah ketupat dengan mengikuti fase-fase yaitu (1) menyampaikan tujuan pembelajaran, (2) penyajian materi, (3) mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, (4) membimbing kelompok dalam bekerja dan belajar, (5) evaluasi, (6) penghargaan kelompok, dan (7) menyimpulkan materi.

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar, keliling dan luas derah belah ketupat.

Abstract: The objective of this research is to describe the application of cooperative learning of STAD that can improve student’s learning outcomes on circumference and the area of rhombus in class VII MTsN Palu Selatan. This research is classroom action research that refers to Kemmis’ and Mc.Taggart’s research design that is planning, action, observation, and reflection. The subjects of this research are the students of VII MTsN Palu Selatan that consist of 25 students. This research was conducted in two cycles, and each cycle was conducted in two meeting. The result of this research indicating that the application of cooperative learning of STAD that can improve student’s learning outcomes on circumference and the area of rhombus by following the phases, those are (1) conveying the learning objectives, (2) presentation of the material, (3) organizing the students into study group, (4) guiding the groups in studying and working, (5) evaluation, (6) appreciation of group, and (7) concluding the material.

Keywords: cooperative learning of STAD, learning outcomes, perimeter and area of rhombus

Downloads

Published

2015-06-20

How to Cite

Errika Rahmawanti, & Marinus B. Tandiayuk. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS DAERAH BELAH KETUPAT KELAS VII MTsN PALU SELATAN. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(4), 351–362. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/256

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)