PROFIL BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH SEGITIGA BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIS KELAS VII SMP NEGERI 1 PALU

Authors

  • Nurul Huda1
  • Marinus B. Tandiayuk Universitas Tadulako
  • Linawati Universitas Tadulako

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan profil berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah segitiga berdasarkan tingkat kemampuan matematis kelas VII SMPN 1 Palu. Jenis penetian ini adalah  penelitian  kualitatif dengan indikator yaitu keterampilan berpikir lancar, keterampilan berpikir orisinal dan keterampilan berpikir terperinci. Subjek dalam penelitian ini adalah  tiga orang siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Palu yang berkemampuan rendah, sedang, dan tinggi. Hasil penelitian yang diperoleh menujukkan bahwa subjek berkemampuan matematika tinggi mampu memenuhi semua indikator keterampilan berpikir kreatif (berpikir lancar, berpikir orisinal dan berpikir terperinci), siswa dengan kemampuan sedang mampu memenuhi dua indikator keterampilan berpikir kreatif  (berpikir orisinal dan berpikir terperinci), dan siswa degan kemampuan rendah mampu memenuhi satu indikator keterampilan berpikir kreatif (berpikir terperinci) dalam menyelesaikan masalah bangun datar segitiga.

Kata kunci: Profil Berpikir Kreatif, Bangun Datar Segitiga, Kemampuan Matematis

Abstract: The purpose of this research is to describe the profile of  the students’ creative think to solving the problem of triangle based on mathematical ability level at class VII at junior high school 1 Palu. The kind of this research is Qualitative research with some indicators, namely fluency think ability, original think ability, complete think ability. Subjects in this research were three students of class VII A SMPN 1 Palu who had low, medium, and high ability.  The result of this research which be found that the subject of the high mathematical ability, they can comply all indicators of creative think ability (fluency think, original think, complete think), students with moderate ability could comply two indicators of creative think ability (original think and complete think), and students with low ability could comply one indicator of creative think ability (complete think) to solve structure of triangle.

Keywords: creative think profile, structure of triangle, mathematical ability.

Downloads

Published

2017-03-22

How to Cite

Nurul Huda1, Marinus B. Tandiayuk, & Linawati. (2017). PROFIL BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH SEGITIGA BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIS KELAS VII SMP NEGERI 1 PALU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 4(3), 382–396. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/334

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>