PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DI KELAS VII SMP NEGERI 12 PALU

Authors

  • Siti Ramadan
  • I Nyoman Murdiana
  • Marinus B. Tandiayuk

Abstract

Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pertidaksamaan linier satu variable (PtLSV) di kelas VII SMP Negeri 12 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian  tindakan kelas (PTK).Rancangan penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus.Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, data aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dan data hasil tes akhir tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan  hasil belajar siswa kelas VII  SMP Negeri 12 Palu pada materi pertidaksamaan linier satu variabel mengikuti fase-fase, yaitu (1) pemberian orientasi, (2) think, (3) pair, (4) share  dan (5) penghargaan.

Kata Kunci: TPS, hasil belajar, pertidaksamaan linier satu variabel

Abstract:The purpose of this research is to describe the applying of cooperative learning type Think Pair Share (TPS) that can improve the student’s learning outcomes of main topic linier inequality with one variable at VII  In SMP Negeri 12 Palu. The type of this research is a classroom action research (CAR). The design of this studying refers to the research design Kemmis and Mc Taggart consist of four components, that are (1) planning, (2) action, (3) observation, and (4) reflection. This research were conducted in two cycle. This research collects data about teacher’s activities while manage learning, data about student’s activities while attent learning and testing after action. The conclution of this research is the applying of cooperative learning type  TPS that can improve the student’s learning achivment of main topic linier inequality with one variable at VII  In SMP Negeri 12 Palu, through few steps, that are (1) provide orientation, (2) think, (3) pair, (4) share, (5) giving appreciation.

Kata Kunci: TPS, learning outcomes ,linier inequality with one variable

Downloads

Published

2015-12-15

How to Cite

Siti Ramadan, I Nyoman Murdiana, & Marinus B. Tandiayuk. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DI KELAS VII SMP NEGERI 12 PALU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(2), 123–134. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/274

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>