PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS VII E SMP NEGERI 7 PALU
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pertidaksamaan linear satu variabel di kelas VII E SMP Negeri 7 Palu. Desain penelitian ini mengacu pada model penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII E SMP Negeri 7 Palu pada tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 24 orang siswa dan dipilih 5 orang siswa sebagai informan berdasarkan pada kemampuan akademiknya. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini diperoleh dari aktivitas guru dan siswa melalui lembar observasi, hasil wawancara, catatan lapangan serta hasil tes pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pertidaksamaan linear satu variabel melalui langkah, yaitu (1) menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa, (2) menyajikan informasi, (3) penomoran (numbering), (4) mengajukan pertanyaan (questioning), (5) berpikir bersama (heads together), (6) menjawab pertanyaan (answering) dan (7) memberikan penghargaan.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Meningkatkan Pemahaman, Pertidaksamaan linear Satu Variabel.
Absract: The purpose of this study was to describe the application of cooperative learning model NHT in improving students' understanding on a linear inequality in one variable at VII E grade of SMP Negeri 7 Palu. This study was designed refers to the model of classroom action research (PTK) developed by Kemmis and Mc. Taggart consisting of four components, namely planning, action, observation and reflection. Research subjects were all students of VII E grade SMP Negeri 7 Palu in the academic year 2015/2016 which amounted to 24 students and selected 5 students as an informant based on academic ability. The study consisted of two cycles. The data collected in this study was obtained from the activities of teachers and students through observation sheets, interviews, field notes and the results of tests on the first cycle and the second cycle. The results showed that the application of cooperative learning model NHT can enhance students' understanding on a linear inequality of the variable through the steps, namely (1) express purpose of learning and motivate students, (2) provide information, (3) numbering (numbering), (4) asking questions (questioning), (5) thinking together (heads together), (6) answered the question (answering) and (7) gives the award.
Keywords: Cooperative Learning Model NHT, Improve Comprehension, Linear Inequalities One Variable.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 Author
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.