PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 19 PALU

Authors

  • Fitriani
  • Marinus B. Tandiayuk

Abstract

Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume balok di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian yang mengacu pada Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas empat komponen, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, catatan lapangan dan tes. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume balok mengikuti langkah-langkah, yaitu (1) menyampaikan tujuan pembelajaran,(2) meng­organisasikan siswa dalam belajar, (3) membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, (4) mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik dan (5) memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan.

Kata kunci: penemuan terbimbing, hasil belajar, luas permukaan, volume balok.

Abstract:The purpose of this research is to describe the applying learning guided discovery methods that can  improve student’s learning outcomes of main topic surface area and volume of the beam at VIII SMP Negeri 19 Palu.The type of this research is classroom action research with design of this research refers to Kemmis and Mc.Taggart’s research design that are planning,action and observationandreflection. The form of data that used are qualitatif data and quantitatif data with tecnique of data collect that are observations, interview, field notes, and testing. This research done in two cycles.The results of the studying showed that through guided discovery can improve student’s learning outcomes of main topic on the material surface area and volume of the beam by following the steps, that are (1) delivering thelearning objectives, (2) organize student’s in learning , (3) guiding individual and group investigation, (4) cheking back the comphrehension and give a feedback (5) giving opportunities for further training and implementation.

Keywords: guided discovery learning, learning outcomes, surface area, volume of beams

Downloads

Published

2015-06-20

How to Cite

Fitriani, & Marinus B. Tandiayuk. (2015). PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 19 PALU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(4), 340–350. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/255

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)