Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Vertebrata Menggunakan Model Investigasi Kelompok Pada Kelas X IPA 3 MAN 1 PALU

Authors

  • Riska Afdalia Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Amiruddin Kasim Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22487/jbse.v8i1.1163

Keywords:

Hasil belajar; Vertebrata; Model investigasi kelompok

Abstract

Telah Dilakukan Penelitian Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang  Vertebrata dengan menggunakan model investigasi kelompok Pada Kelas X IPA 3 MAN 1 Palu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang vertebrata di kelas X IPA 3 MAN 1 Palu. Tindakan Kelas (PTK), subjek pada penelitian ini adalah siswa di kelas X IPA 3 di  MAN 1 Palu yang berjumlah 21 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 8 orang perempuan yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum melakukan pembelajaran melalui model investigasi kelompok materi  vertebrata diperoleh presentase daya serap klasikal sebesar 75,23%. dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 60%. Setelah melakukan pembelajaran melalui model investigasi kelompok pada materi  vertebrata diperoleh bahwa hasil belajar siswa meningkat. hasil belajar siklus I diperoleh presentase daya serap klasikal sebesar 80% dan ketuntasan belajar klasikal sebesar. 80,95% Sedangkan hasil belajar siklus II diperoleh presentase daya serap klasikal sebesar 87,61% dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 100%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Penerapan  model  pembelajaran investigasi kelompok  meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA 3  MAN 1 Palu.

Downloads

Published

2021-08-30

How to Cite

Afdalia, R., & Kasim, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Vertebrata Menggunakan Model Investigasi Kelompok Pada Kelas X IPA 3 MAN 1 PALU. Journal of Biology Science and Education, 8(1), 577–582. https://doi.org/10.22487/jbse.v8i1.1163