Pembuatan Lubang Biopori sebagai Wadah Pengomposan Sampah Organik di Perumahan Vatutela Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore Kota Palu dan Pemanfaatannya sebagai Media Pembelajaran

Authors

  • Nur Halifa Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Mestawaty As. Achmad Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22487/jbse.v7i1.1123

Keywords:

Lubang biopori; Pupuk kompos; Media pembelajaran

Abstract

Biopori merupakan ruang atau pori dalam  tanah yang dibentuk oleh makhluk hidup seperti fauna tanah dan akar tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pembuatan lubang biopori sebagai wadah  pengomposan sampah organik, untuk menentukan kualitas fisik dan kadar Nitrogen, Fosfor, Kalium pupuk kompos yang diproduksi dari lubang biopori serta menghasilkan media pembelajaran berupa Leaflet. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian aksi/tindakan (action research). Pembuatan lubang biopori dilakukan di perumahan Vatutela, hasil yang diperoleh dari pembuatan lubang biopori yaitu pupuk kompos. Pupuk kompos yang dihasilkan dianalisis kualitas fisiknya dengan menggunakan lembar kuisioner sedangkan kadar NPK dianalisis di Laboratorium Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Tadulako dan kemudian hasil yang diperoleh dibandingankan dengan  standar minimal kompos SNI 19-7030-2004. Hasil analisis kualitas fisik dan kadar NK pupuk kompos sudah memenuhi standar minimal  yaitu bau seperti tanah, warna coklat kehitaman, tekstur seperti tanah, kadar nitrogen 0,87% dan Kalium 0,42% sedangkan kadar P 0,034% belum memenuhi standar  dikarenakan beberapa faktor. Hasil penelitian ini layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam bentuk Leaflet.

Downloads

Published

2021-07-16

How to Cite

Halifa, N., & Achmad, M. A. (2021). Pembuatan Lubang Biopori sebagai Wadah Pengomposan Sampah Organik di Perumahan Vatutela Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore Kota Palu dan Pemanfaatannya sebagai Media Pembelajaran. Journal of Biology Science and Education, 7(1), 422–427. https://doi.org/10.22487/jbse.v7i1.1123

Most read articles by the same author(s)