Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Biau Pada Mata Pelajaran Biologi

Authors

  • Aditya Apriansyah Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Dewi Tureni Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22487/jbse.v7i1.1128

Keywords:

Gadget; Hasil belajar; SMAN 1 Biau; Biologi

Abstract

Penggunaan gadget yang berlebihan pada siswa terkadang sering menimbulkan masalah pada proses belajar dan berdampak merugikan pada keterampilan interpersonal anak jika terlalu sering digunakan serta siswa menjadi lebih mengandalkan handphone daripada harus belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 1 BIAU  pada mata pelajaran Biologi. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini telah dilaksanakan SMAN 1 BIAU, Kelurahan Kali, Kecamatan Biau, Kabupaten Buol. Penelitian ini variabel yang diungkapkan yakni pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Biau pada mata pelajaran Biologi. Penggunaan gadget merupakan variabel bebas (Variabel X) dan hasil belajar mata pelajaran biologi merupakan variabel terikat (Variabel Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa dengan dibuktikan dalam uji regresi sederhana dengan nilai signifikasi, dari tabel coeffecients diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,023 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa  ditolak dan  diterima. Maka intensitas pengaruh penggunaan gadget dengan pembuktiaan hasil angket menunjukkan ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa dikalangan siswa kelas XI MIPA pada mata pelajaran biologi di sekolah SMAN 1 BIAU.

Downloads

Published

2021-07-16

How to Cite

Apriansyah, A., & Tureni, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Biau Pada Mata Pelajaran Biologi. Journal of Biology Science and Education, 7(1), 455–457. https://doi.org/10.22487/jbse.v7i1.1128

Most read articles by the same author(s)