Pengaruh Pembelajaran Daring Aplikasi LMS dan Zoom Pada Mata Kuliah Belajar Dan Pembelajaran Terhadap Motivasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi

Authors

  • Lilies Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Amran Rede Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Dewi Tureni Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Vallery Bianca Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22487/jbse.v10i1.2460

Keywords:

LMS, ZOOM, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan aplikasi LMS dan Zoom terhadap motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah belajar dan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek pada penelitian ini adalah mahasiswa kelas C Angkatan 2020 yang berjumlah 33 orang. Teknik pengambilan data menggunakan angket online yaitu google form. Hasil penelitian ialah (1) Terdapat pengaruh penggunaan aplikasi LMS pada mata kuliah belajar dan pembelajaran terhadap motivasi mahasiswa program studi Pendidikan biologi dimana pada penggunaan aplikasi lms mahasiswa dapat dengan mudah untuk mengirim tugas dan ujian tertulis secara maksimal dengan demikian memicu mahasiswa dalam pemberian motivasi belajar pada dirinya sehingga mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. (2) Terdapat pengaruh aplikasi Zoom terhadap dorongan melakukan diskusi tatap maya secara online dan mahasiswa dapat merasakan pembelajaran langsung seperti pada kelas umumnya sehingga mahasiswa tidak merasa jenuh melainkan motivasi belajar mahasiswa terpacu dan proses belajar berjalan dengan efektif. Pada mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Tadulako khususnya kelas C Angkatan 2020 penggunaan aplikasi LMS dan zoom terhadap motivasi belajar mahasiswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa sesuai dengan kebutuhan pembelajaranya.

 

Downloads

Published

2022-09-21

How to Cite

Lilies, Rede, A., Tureni, D., & Bianca, V. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Aplikasi LMS dan Zoom Pada Mata Kuliah Belajar Dan Pembelajaran Terhadap Motivasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi . Journal of Biology Science and Education, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.22487/jbse.v10i1.2460

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>