PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI TRANSFORMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IXA SMPN 1 TANANTOVEA

Authors

  • Magfirah Tunnisa Universitas Tadulako
  • Muh. Rizal Universitas Tadulako
  • Tegoeh S. Karniman Universitas Tadulako

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi transformasi di kelas IXA SMPN 1 Tanantovea. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian mengacu pada desain Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan  tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IXA SMPN 1 Tanantovea yang berjumlah 22 orang siswa dan dipilih tiga siswa sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik, hasil belajar siswa meningkat dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: (1) memahami masalah kontekstual, guru menyajikan masalah kontekstual dalam LKS dan siswa berdiskusi dalam kelompoknya untuk memahami masalah yang diberikan oleh guru, (2) menyelesaikan masalah, setiap kelompok bekerja sama dalam menyelesaikan masalah mengikuti langkah-langkah pengerjaan di LKS dan membuat kesimpulan jawaban dari setiap masalah yang diberikan, (3) membandingkan dan mendiskusikan jawaban, masing-masing perwakilan kelompok secara bergiliran mempresentasikan jawaban dari masalah yang ditentukan oleh guru dan anggota kelompok lainnya membandingkan jawaban yang mereka peroleh dengan jawaban yang dipresentasikan oleh kelompok penyaji, dan (4) menyimpulkan, siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dibawah bimbingan oleh guru.

Kata Kunci: Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, Hasil Belajar, Transformasi.

Abstract: This research aims to obtain the description of implementation realistic mathematics education approach that can improve student learning outcomes on transformation materials in class IXA SMPN 1 Tanantovea. This type of research is a classroom action research (PTK). The research design based on Kemmis and Taggart’s design, which consist of: (1) planning, (2) implementation of action, (3) observation and (4) reflection. This study was conducted in two cycles. The subjects of this study were all students of class IXA SMPN 1 Tanantovea which required 22 students and selected three students as informants. The results showed that through the application of realistic mathematics education approach, the students' learning outcomes increased by following the following steps: (1) understanding the contextual problem, the teacher encounters problems in groups and students to learn the problems given by teachers, 2) solve problems, each group works together to solve the work-step problems in the LKS and make answers to each given problem, (3) compare and answer meetings, each lead takes turns presenting answers to the problems determined by the teacher and other group members they received the answers presented by the presenter group, and (4) the conclusions, the students of the material conclusions that have been learned under the guidance of the teacher.

Keywords: Approach to Realistic Mathematics Education, Learning Outcomes, Transformation.

Downloads

Published

2018-06-24

How to Cite

Magfirah Tunnisa, Muh. Rizal, & Tegoeh S. Karniman. (2018). PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI TRANSFORMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IXA SMPN 1 TANANTOVEA. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5(4), 401–413. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/389

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>