ANALISIS PEMECAHAN MASALAH ALJABAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PALU

Authors

  • Moh. Zain
  • Mustamin Idris Universitas Tadulako
  • Muh. Rizal Universitas Tadulako

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemecahan masalah aljabar siswa kelas kelas VIII SMP Negeri 3 Palu berdasarkan langkah-langkah Polya ditinjau dari tingkat kemampuan matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palu yang berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian ini adalah: (1) tahap memahami masalah, siswa yang berkemampuan matematika tinggi dan sedang mengidentifikasi hal yang diketahui dengan kalimat pernyataan dan hal yang ditanyakan diidentifikasi dengan kalimat pertanyaan. Selain itu kedua siswa dapat mengubah kalimat verbal ke dalam model matematika sedangkan siswa yang berkemampuan matematika rendah tidak dapat memahami masalah, (2) tahap membuat rencana, siswa yang berkemampuan matematika tinggi dan sedang mampu membuat hubungan antara informasi yang diketahui dengan masalah yang ditanyakan sedangkan siswa yang berkemampuan matematika rendah tidak memiliki satupun rencana, (3) tahap melaksanakan rencana, siswa yang berkemampuan matematika tinggi dan sedang dapat menerapkan strategi-strategi pemecahan masalah dengan tepat, tetapi siswa yang berkemampuan matematika tinggi lebih menguasai konsep aljabar dan teliti dalam melakukan operasi hitung pada bilangan bulat dibandingkan dengan siswa yang berkemampuan matematika sedang dan (4) tahap memeriksa kembali, siswa yang berkemampuan matematika tinggi dan sedang memeriksa kembali langkah-langkah penyelesaiannya dan siswa yang berkemampuan matematika tinggi  meyakini kebenaran jawabannya dengan mencari kesesuaian antara penyelesaian dengan hal yang diketahui.

Kata Kunci: Analisis pemecahan masalah, aljabar, langkah-langkah Polya

Abstract: This study aimed to describe the problem solving class grade students of SMP Negeri 3 Palu based measures Polya. This research is a qualitative research. The subjects were students of class VIII SMP Negeri 3 Palu mathematics capable of high, medium and low. The results of this study were (1) the stage of understanding the problems of students capable of mathematical high and being able to change the verbal sentence into a mathematical model and used his knowledge of sentence statement and question while subject capable lowly mathematics can not understand the problem, (2) the stage of making plan subject capable mathematics height and being able to make connections between the existing information with the question asked, while a subject capable lowly mathematics do not have any plans, (3) stages of carrying out the plan subject capable of mathematical high and being able to implement strategies for solving problems appropriately, but subject capable of math higher the master concept of algebra and conscientious in performing arithmetic operations on integers as compared to subjects with enabled maths medium and (4) stage to looking back the subject of high caliber and was checking out the steps completion and subject capable of mathematical high ascertain the accuracy of the answer to recalculated in different ways.

Keywords: Analysis of problem solving, algebra, steps Polya

Downloads

Published

2016-03-20

How to Cite

Moh. Zain, Mustamin Idris, & Muh. Rizal. (2016). ANALISIS PEMECAHAN MASALAH ALJABAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PALU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(3), 358–372. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/293

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>