PENERAPAN LANGKAH POLYA UNTUK MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII D SMP IT QURROTA A’YUN PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PERBANDINGAN

Authors

  • Murniati
  • I Nyoman Murdiana Universitas Tadulako
  • Tegoeh S. Karniman Universitas Tadulako

Keywords:

Langkah Polya, hasil belajar, soal cerita perbandingan

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh deskripsi mengenai Penerapan langkah Polya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII D SMP IT Qurrota A’yun Palu dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian oleh Kemmis dan Mc. Taggart yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP IT Qurrota A’yun Palu yang berjumlah 30 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan langkah Polya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi soal cerita perbandingan dengan mengikuti langkah-langkah yaitu: 1) memahami masalah, Pada langkah ini, peneliti meminta masing-masing kelompok untuk menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami pada soal. 2) menyusun rencana, peneliti mengarahkan semua kelompok untuk merencanakan penyelesaian dengan menuliskan rumus dan model matematika 3) melaksanakan rencana, peneliti meminta seluruh kelompok untuk melaksanakan perencanaan yang telah dibuat pada langkah ke-2, dalam hal ini masing-masing anggota kelompok berdiskusi untuk menjawab soal yang ada pada LKPD 4) mengecek kembali, peneliti meminta kepada masing-masing kelompok untuk mengecek kembali jawaban yang sudah diperoleh.

Kata kunci : Langkah Polya, hasil belajar dan soal cerita perbandingan.

Abstrack : The main problem in this research is the low learning outcomes of students In class VII D of SMP IT Qurrota A’yun Paluon analytical question of comparative material.The purpose of this research is to obtain a description of the implementation of Polya steps to improve the learning outcomes of students in class VII D of SMP IT Qurrota A’yun Palu in solving analytical question of comparative material. The type of this research was classroom action research refering to the research design by kemmis and Mc Taggart which are palanning, implementing actions observing and reflecting. The subjects of this research were students in class VII D of SMP IT Qurrota A’yun Palu, totaling 30 female students. This research was conducted in two cycles. The results of this research indicate that the implementation of Polya steps can improve the learning outcomes of students on analytical question of comparative material by following the steps which are: 1) understanding the problem. In this steps, the researcher asks each group to write down the things that are known and asked about the problem and questions in the question that are not yet understood, 2) formulate aplan, the researcher directs all groups to plan a solution by writing mathematical formulas and models, 3) carriying out the plan, the researcher asks the whole group to carry out the planning that was made in the secondsteps, in this case each group member discusses to answer the questions in the LKPD, 4) rechecking, the researcher asks each group to recheck the answ er already obtained.

Keyword: Polya Steps, Learning Outcomes and Analytical Question of Comparative Materi

Downloads

Published

2021-03-19

How to Cite

Murniati, I Nyoman Murdiana, & Tegoeh S. Karniman. (2021). PENERAPAN LANGKAH POLYA UNTUK MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII D SMP IT QURROTA A’YUN PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PERBANDINGAN . Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 8(3), 316–330. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/863

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>