PROFIL PEMECAHAN MASALAH LINGKARAN DITINJAU DARI TINGKAT KECERDASAN VISUAL-SPASIAL SISWA KELAS IX SMP
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi deskriptif tentang profil pemecahan masalah lingkaran ditinjau dari tingkat kecerdasan visual-spasial siswa kelas IX SMP. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Model Terpadu Madani Palu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang mengacu pada langkah Polya. Subjek dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan angket kecerdasan visual-spasial untuk menentukan tingkat kecerdasan visual-spasial tinggi dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki: (1) tingkat kecerdasan visual-spasial tinggi: a) memahami masalah, siswa membuat pola gambar kemudian siswa dapat menyebutkan semua informasi dari soal. b) membuat rencana pemecahan, menggunakan gamabar dan menggunakan konsep geometri untuk memilih strategi pemecahan. c) melaksanakan rencana pemecahan, menggunakan gambar, konsep geomtetri dan pengetahuan yang telah dimilikinya. d) memeriksa kembali, mengecek tahap demi tahap dan melakukan perhitungan kembali. (2) tingkat kecerdasan visual-spasial rendah: a) memahami masalah, siswa mampu menyebutkan informasi yang ada tapi tidak lengkap. b) membuat rencana pemecahan, menggunakan semua informasi dari soal dan konsep geometri untuk membuat strategi pemecahan. c) melaksanakan rencana pemecahan, menggunakan konsep geometri, pengetahuan dan pengalaman belajarnya. d) memeriksa kembali, melakukan perhitungan ulang terhadap hasil pengerjaannya.
Kata kunci : Profil pemecahan masalah; Lingkaran, Kecerdasan visual-spasial.
Abstract: The research aims to obtaining descriptive information about problem solving profile on circle seen from by level of visual-spatial intelenge of IX class student at SMP. The research implemented in SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu. The research use qualitative method with descriptive phenomenological wich point to Polya step. Subject in the research result with use visual-spatial intellegence inquiry to determine visual-spatial intelligence level high and low. The results showed that students who have: (1) visual-spatial intelligence level high: a) understand the problem, students create an image pattern and then the students can name all the information on the matter. b) make plans, using images and uses the concept of geometry to select-solving strategies. c) carry out our plan, use images, concepts geomtetri and knowledge he had. d) check again, check step by step and do a recalculation. (2) visual-spatial intelligence level low: a) understand the problem, Students are able to provide information about existing but incomplete. b) make plans, to use all the information from the questions and the concept of geometry to make solving strategies. d) check again,to recalculate the results of the process.
Keywords: Profile problem solving; Circle, Visual-spatial intelligence.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 Author
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.