PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN ALAT PERAGA KARTU VARIABEL DAN KARTU KONSTANTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS VII MTsN POSO PESISIR

Authors

  • Sitti Ruqaiyyah Kasim
  • Sutji Rochaminah Universitas Tadulako
  • Ibnu Hadjar Universitas Tadulako

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan alat peraga kartu variabel dan kartu konstanta yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persamaan linear satu variabel di kelas VII MTsN Poso Pesisir. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan alat peraga kartu variabel dan kartu konstanta dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persamaan linear satu variabel di kelas VII MTsN Poso Pesisir mengikuti fase-fase sebagai berikut: 1) penyampaian tujuan dan penyiapan siswa, 2) penyajian informasi, 3) pengorganisasian siswa ke dalam tim-tim belajar, 4) kerja tim dan belajar, 5) evaluasi, dan 6) pemberian penghargaan.

Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif, kartu variabel dan kartu konstanta, hasil
                      belajar, persamaan linear satu variabel

Abstract: This research aimed at describing  the applying cooperative learning with the assist instrument of variable and constant cards that can improve Student’s learning on material of  linear equation  of one variable in class VII  MTsN Poso Pesisir. This research is a class action research (CAR). This research design refers to a model by Kemmis and Mc. Taggart which consists of four components: 1) Planning, 2) Action, 3) Observation, and 4) Reflection. The result of the research shows that the applying cooperative learning with the assist instrument of variable and constant cards can  improve student’s learning on material of linear equation system of one variable in class VII MTsN Poso Pesisir by folowing the phases, those are 1) present goal and set, 2) present information, 3) organize students into learning teams, 4) assist team work and study 5) test on the materials, and 6) provide recognition.Keywords: Cooperative learning, variable and constant cards, learning outcomes, linear
                   equation  of one variable

Downloads

Published

2016-06-12

How to Cite

Sitti Ruqaiyyah Kasim, Sutji Rochaminah, & Ibnu Hadjar. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN ALAT PERAGA KARTU VARIABEL DAN KARTU KONSTANTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS VII MTsN POSO PESISIR. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(4), 492–504. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/303

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>