PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 26 SIGI

Authors

  • Tina
  • Baso Amri
  • Rita Lefrida

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII  SMP Negeri 26 Sigi pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar, mengikuti langkah-langkah: 1) guru menyiapkan siswa untuk bekerjasama dalam kelompok, sebelum pembelajaran dimulai guru membagi siswa dalam kelompok, terdiri dari 4 siswa yang heterogen; 2) guru memberikan soal dengan cara diundi diberikan kepada masing-masing kelompok; 3) dua siswa dari masing-masing kelompok, meninggalkan kelompoknya dan bertamu ke kelompok lain untuk mencari jawaban dan informasi secara aktif; 4) dua siswa yang tinggal di kelompok, memberikan jawaban dan  informasi kepada dua siswa yang bertamu agar meminimalisir siswa yang malu bertanya; 5) tamu mohon diri, kembali ke kelompoknya masing-masing untuk melaporkan hasil temuan dari kelompok lain secara aktif dan didiskusikan; dan 6)  kelompok mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka dengan cara presentasi.

Kata Kunci: Kooperatif tipe TSTS , hasil belajar, operasi hitung bentuk aljabar.

Abstract: The research aimed to describe description of cooperative learning of TSTS to Improve Students learning outcomes of algebra operation in VII grade students at SMP Negeri 26 Sigi. This research applied a classroom action research (CAR). This research refers to Kemmis’ and Mc.Taggart’s design which consisted of planning, action, observation, and reflection. This research was conducted in two cycles. The result of this research indicating that the appliedable to improve students learning of cooperative learning outcomes in algebra operation, as the phases 1) students preparing to work in group, teacher divided students in groups before the learing process began; 2) teacher give matterto each group by lot; 3) two students from each group, to leave the group and a visit to the other groups to seek answers and information actively; 4) two students who lived grouped, provide answer and information to the two students who visit to minimize students who are shy to ask; 5) guest excused himself, returning to each group to report the findings of other groups are actively; and 6) Each group the compare or mateh and discuss the results of their work all the way presentation.

Keyword : Cooperative learning of  TSTS, learning outcomes, algebra operation.

Downloads

Published

2015-12-15

How to Cite

Tina, Baso Amri, & Rita Lefrida. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 26 SIGI. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(2), 209–219. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/281

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>