PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUBUNGAN SUDUT PUSAT, PANJANG BUSUR, DAN LUAS JURING LINGKARAN DI KELAS VIIIB SMP ISLAM TERPADU QURROTA A’YUN PALU

Authors

  • Winda Fitriyanti
  • Abdul Hamid Universitas Tadulako
  • Rita Lefrida Universitas Tadulako

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring lingkaran di kelas VIIIB SMP Islam Terpadu Qurrota A’yun Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian yang dilakukan mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yang terdiri dari empat komponen, yaitu 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIB SMP Islam Terpadu Qurrota A’yun Palu, dan dipilih 4 orang siswa sebagai informan yang terdiri dari 2 orang berkemampuan rendah, 1 orang berkemampuan sedang, dan 1 orang berkemampuan tinggi. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan data, yaitu observasi, tes, wawancara, dan catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan mengikuti fase-fase model pembelajaran kooperatif tipe NHT, yakni: 1) pengelompokkan  dan penomoran, 2) pengajuan pertanyaan, 3) berpikir bersama, 4) menjawab. Hasil penelitian: 1) ketuntasan belajar klasikal siswa pada tes akhir tindakan siklus I mencapai 53,84%, dan pada siklus II mengalami peningkatan, yaitu diperoleh 77,77%, 2) hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 78% dengan kriteria baik, dan pada siklus II mencapai 86% dengan kriteria sangat baik, 3) hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai 72% dengan kriteria baik, dan pada siklus II mencapai 84% dengan kriteria sangat baik.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar, Hubungan Sudut Pusat, Panjang Busur, dan Luas Juring Lingkaran.

 

Abstract: The purpose of this research was to get description of the implementation of Numbered Heads Together (NHT) type of cooperative learning model, at the relationship of central angle, arc length, and sector area of circle material, in grade VIIIB SMP Islam Terpadu Qurrota A’yun Palu. Type of this research is classroom action research (CAR). Design of the research refers to Kemmis and Mc. Taggart research design which comprised by four components: 1) planning, 2) action, 3) observation, and 4) reflection. Subject of this research were students of class VIIIB SMP Islam Terpadu Qurrota A’yun Palu, then 4 students were chosen to become informants which consisted of 2 persons have low ability, 1 person has medium ability, and 1 person has high ability. The data of this research was qualitative and quantitative datas, Datas collecting techniques were observation, test, interview, and field notes. This research conducted in two cycles. The results showed that the aplication of NHT type of cooperative learning model can improve students learning outcomes by following NHT phases, consisting of: 1) grouping and numbering, 2) questioning, thingking together, and 4) answering. The result of this research: 1) percentage of students test outcomes on 1st cycle reached 53,84%, and on 2nd  cycle reached 77,77%, 2) percentage of teacher observation activities on 1st cycle reached 78% by the criteria of good, and on the 2nd  cycle reached 86% by the criteria of very good, 3) percentage of students observation activities on 1st cycle reached 72% by the criteria of good, and on the 2nd  cycle reached 84% by the criteria of very good.

 

Keywords: Numbered heads together (NHT) type of cooperative learning model, learning outcomes, relationship of central angle, arc length, and sector area of circle.

Downloads

Published

2017-09-24 — Updated on 2017-12-24

Versions

How to Cite

Winda Fitriyanti, Abdul Hamid, & Rita Lefrida. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUBUNGAN SUDUT PUSAT, PANJANG BUSUR, DAN LUAS JURING LINGKARAN DI KELAS VIIIB SMP ISLAM TERPADU QURROTA A’YUN PALU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5(2), 230–241. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/373 (Original work published September 24, 2017)

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>