PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN PERMAINAN MAJU MUNDUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 4 PALU

Authors

  • Mahdayani
  • Baharuddin Paloloang
  • Rita Lefrida

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pem­belajaran kooperatif tipe STAD berbantuan permainan maju mundur untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di Kelas VII SMPN 4 Palu.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan  refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, tes tertulis, wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan permainan maju mundur yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan mengikuti fase-fase yaitu: 1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, 2) penyajian kelas, 3) transisi ke tim, 4) tim studi dan monitoring, 5) evaluasi, dan 6) penghargaan kelompok. Pada fase 1 peneliti menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat pembelajaran untuk memotivasi siswa; pada fase 2 peneliti menyajikan materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui pendemonstrasian permaianan maju mundur; pada fase 3 peneliti membagi siswa ke dalam beberapa kelompok terdiri 5 s.d 6 siswa; pada fase 4 peneliti memberikan soal-soal kepada siswa dalam bentuk LKS dan peneliti memberikan bimbingan seperlunya; pada fase 5 siswa diberikan tes individu tanpa menggunakan permainan maju mundur; pada fase 6 peneliti memberikan peghargaan kepada setiap kelompok.

Kata Kunci:   kooperatif tipe STAD, permainan maju mundur, hasil belajar, penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.

 

Abstrack: This research aim to obtain description about applying cooperative learning of STAD with the assist of games back and forth to improve student study result on addition and substraction of integers in class VII SMPN 4 Palu. This research was a classroom action research which refers to the Kemmis and Mc. Taggart’s design, that is plan, action, observation, and reflection. This study consists of two cycles. Data collection techniques gained through observation, written test, interview and field notes. The results of this research indicating that through applying of Cooperative Learning of  STAD can improve students study of addition and subtraction of integers with the steps 1) convey the learning purpose and motivating, 2) the presentation of the class, 3) transition to the team, 4) the study team and monitoring, 5) evaluation, and 6) giving appreciation. At the 1th phase, researcher convey the learning purpose and benefit to motivate the student; at the 2nd phase, researcher  presented addition and subtraction of integers through the demonstration of back and forth games usage; at the 3rd phase, researcher divided the students into groups consist of 5 to 6 student; at the 4th phase, researcher gave task in worksheet to the students and researcher guided them to do that; at the 5th phase, the students are given individual tests without using a back and forth game, and at the 6th phase, researcher gave appreciation to each group.

Keywords:   cooperative learning of  STAD, back  and  forth games, learning outcomes, addition and substraction of integers.

Downloads

Published

2020-09-26 — Updated on 2014-12-24

How to Cite

Mahdayani, Baharuddin Paloloang, & Rita Lefrida. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN PERMAINAN MAJU MUNDUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 4 PALU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(2), 192–203. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/242

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>