ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS IX DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA KELILING DAN LUAS LINGKARAN DI SMP AL-AZHAR PALU

Authors

  • Ana Puji Lestari
  • Muh. Hasbi Universitas Tadulako
  • Rita Lefrida Universitas Tadulako

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas IX dalam menyelesaikan soal cerita keliling dan luas lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian diambil tiga siswa dari 55 siswa kelas IX yang mengikuti tes. Siswa dikelompokkan dalam tiga kategori yakni siswa berkemampuan tinggi, siswa berkemampuan sedang dan siswa berkemampuan rendah. Setiap kategori diwakili oleh satu siswa. Hasil penelitian ini adalah (1) Jenis kesalahan yang dilakukan oleh subjek berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal cerita keliling dan luas lingkaran adalah kesalahan fakta, kesalahan konsep dan kesalahan prinsip. (2) Jenis kesalahan siswa berkemampuan sedang adalah kesalahan fakta, kesalahan konsep dan kesalahan prosedural. (3) Jenis kesalahan siswa berkemampuan rendah adalah kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan prosedural dan kesalahan prinsip.

Kata kunci: Analisis kesalahan, Soal cerita keliling dan Luas lingkaran, Fakta, Konsep, prinsip, Prosedural

Abstract: This qualitative descriptive research aimed to describe the types errors made by students of grade IX in completing circumference and circle area. Subjects were taken 3 students of grade IX, they were 55 students who took the test. The criteria are high ability student, medium ability student and low ability student. Each category is repreented by one student. Based on the result of research, students error in completing word problems of circumference and circle area were: (1) the type of errors made by a subject high ability student are fact error, misconceptions, and principle error. (2) the type or errors made by a subject medium ability student are fact error, misconceptions, and procedurall error. (3) the type errors made by a subject low ability student are fact error, misconceptions, procedural  error, and principle error.

Keyword: Error analysis, Word problems of circumference and circle area, fact, conseptions, principle, procedural

Downloads

Published

2016-06-12 — Updated on 2016-06-12

How to Cite

Ana Puji Lestari, Muh. Hasbi, & Rita Lefrida. (2016). ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS IX DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA KELILING DAN LUAS LINGKARAN DI SMP AL-AZHAR PALU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(4), 373–385. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/294

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>