EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMKN 2 KOTA PALU

Authors

  • Maryam Pendidikan Matematika/FKIP-Universitas Tadulako
  • Dasa Ismaimuza Pendidikan Matematika/FKIP-Universitas Tadulako
  • Pathuddin Pendidikan Matematika/FKIP-Universitas Tadulako
  • Nurhayadi Pendidikan Matematika/FKIP-Universitas Tadulako

Keywords:

efektifitas, belajar, motivasi, matematika realistik, prestasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen semu atau eksperimen quasi, yakni jenis penelitian eksperimen dimana peneliti tidak mampu mengontrol semua variabel yang diteliti. Rancangan yang digunakan adalah rancangan faktorial 2×2 dilaksanakan pada siswa SMK Negeri 2 Palu Kelas X BDP 3 dan BDP 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada peserta didik yang diajar menggunakan pendekatan RME, memiliki prestasi belajar yang lebih tinggi dari pada siswa yang diajar menggunakan pendekatan konvensional. Di samping itu, pada kedua pendekatan pembelajaran, siswa dengan motivasi tinggi memiliki prestasi yang lebih baik daripada siswa yang memiliki motivasi rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motivasi belajar siswa, dan terlihat bahwa pendekatan pembelajaran RME sangat cocok diterapkan pada siswa dengan motivasi belajar yang rendah

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Maryam, Dasa Ismaimuza, Pathuddin, & Nurhayadi. (2023). EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMKN 2 KOTA PALU. Aksioma, 12(1), 27–35. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jax/article/view/3454

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)