PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 2 MARAWOLA

Authors

  • Maryam
  • Baharuddin Paloloang Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v4i1.54

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan pendekatan Realitic Mathematic Education (RME) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar di kelas VII  SMP Negeri 2 Marawola. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mengacu pada desain penelitian Kemmis dan McTaggart, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui tahap-tahap RME: (1) memahami masalah kontekstual, (2) menyelesaikan masalah kontekstual, (3)  membandingkan,  (4) mendiskusikan jawaban serta menyimpulkan.

Kata Kunci:Realistic Mathematic Education(RME), hasil belajar, penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar.

Downloads

Published

2015-03-25

How to Cite

Maryam, & Paloloang, B. . (2015). PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 2 MARAWOLA. Aksioma, 4(1), 67–76. https://doi.org/10.22487/aksioma.v4i1.54

Issue

Section

Articles