PEMBAGIAN KELAS HOMOGEN MENGGUNAKAN K-MEANS CLUSTERING

Authors

  • Nurhayadi Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v5i1.116

Abstract

Abstrak: Kelas heterogen berisi siswa dengan kemampuan yang beragam. Bila guru menyampaikan materi dengan cepat, maka siswa yang kurang cerdas akan mengalami kesulitan. Sedangkan bila guru menyampaikan materi dengan lambat, maka siswa yang cerdas akan terasa kurang diuntungkan. Kelas homogen adalah kelas yang terdiri dari siswa dengan kemampuan yang setara. Kelas homogen memberikan kemudahan pada guru dalam menyampaikan materi sesuai dengan kemampuan siswa, dan hal ini berarti juga memberikan keuntungan bagi siswa itu sendiri. Pembagian kelas berdasar rangking jumlah nilai mata pelajaran sering digunakan untuk membentuk kelas yang homogen, akan tetapi tujuan ini sering tidak tercapai karena sebagian kelas yang terbentuk masih heterogen. Untuk mendapatkan kelas yang seluruhnya homogen, maka kelas disusun menggunakan k-mean clustering.

Kata kunci: kelas, homogen, peringkat, k-mean, clustering,

 

Abstract: Heterogeneous class provides students with diverse abilities. When teachers deliver material quickly, then the less intelligent students will have trouble. Meanwhile, when the teacher presenting the material at a slow pace, so the bright ones will feel disadvantaged. Homogeneous class is a class of students with similar capabilities. Homogeneous class provides convenience to teachers in presenting the material in accordance with the abilities of students, and it also provides benefits for the students themselves. The division of a class based on the ranking of the number of subjects values are often used to form a homogeneous class, but this goal is often not achieved because most classes are formed is still heterogeneous. To obtain a homogeneous whole class, then the class was compiled using k-mean clustering.

Keywords: class, homogeneous, ranking, k-mean, clustering,

Downloads

Published

2016-03-24

How to Cite

Nurhayadi. (2016). PEMBAGIAN KELAS HOMOGEN MENGGUNAKAN K-MEANS CLUSTERING. Aksioma, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.22487/aksioma.v5i1.116

Issue

Section

Articles