PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SATAP WITAPONDA PADA MATERI BENTUK ALJABAR

Authors

  • Baharuddin Paloloang Pendidikan Matematika FKIP, Universitas Tadulako
  • Nurhayadi Pendidikan Matematika FKIP, Universitas Tadulako
  • Kasmiati Pendidikan Matematika FKIP, Universitas Tadulako

Keywords:

Adversity Quotient, Prestasi Belajar Matematika, Bentuk Aljabar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adversity quotient terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 SATAP Witaponda pada materi bentuk aljabar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 SATAP Witaponda yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Sampel penenlitian adalah sebanyak 39 siswa. Pengumpulan data diperoleh melalui angket adversity quotient dan tes prestasi belajar matematika pada materi bentuk aljabar. Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Analasis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dan uji linieritas, setelah itu dilakukan uji hipotesis menggunakan uji analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis data adversity quotient dan prestasi belajar matematika diperoleh nilai rata-rata 65,92 dan 34,33 dengan standar deviasi 6,13 dan 15,78. Hasil uji normalitas  dengan chi-kuadrat yang diperoleh dari masing-masing data adversiti quotient dan prestasi belajar adalah -158,75 dan -41,736 < chi-kuadrat tabel = 11,07 yang berarti data berdistribusi normal. Hasil uji linieritas data adversity quotient terhadap prestasi belajar matematika siswa diperoleh nilai signifikanya sebesar 0,971 > 0,05 yang berarti data berpola linier. pengujian hipotesis menggunakan uji r dengan taraf signifikan 5% dan N = 39 diperoleh  menunjukkan terdapat pengaruh signifikan adversity quotient terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 SATAP Witaponda pada materi bentuk aljabar.

Downloads

Published

2022-03-31 — Updated on 2022-09-30

Versions

How to Cite

Baharuddin Paloloang, Nurhayadi, & Kasmiati. (2022). PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SATAP WITAPONDA PADA MATERI BENTUK ALJABAR. Aksioma, 11(2), 108-116. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jax/article/view/2290 (Original work published March 31, 2022)

Issue

Section

Articles