PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LIMIT FUNGSI SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 6 PALU

Authors

  • Eka Surnyadewi
  • Dasa Ismaimuza Universitas Tadulako
  • Sukayasa3 Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v7i1.185

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick yang dapat meningkatkan hasil belajar limit fungsi siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 6 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran, data aktivitas guru dalam mengelolah pembelajaran dan data hasil tes akhir tindakan. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus I berada pada kategori baik dan pada siklus II berada pada kategori sangant baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar limit fungsi siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 6 Palu mengikuti fase-fase yaitu: (1) menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa, guru menyampaikan apersepsi dan tujuan pembelajaran; (2) menyajikan informasi, guru memotivasi dan menjelaskan kegunaan tongkat serta menginformasikan materi pembelajaran; (3) mengorganisir siswa dalam kelompok-kelompok belajar, guru membentuk kelompok;  (4) membantu kerja kelompok, guru memberi bantuan seperlunya; (5) mengevaluasi, guru memberi tongkat lalu memberi pertanyan dan siswa menjawab serta membuat kesimpulan; (6) memberikan pengakuan atau penghargaan, guru memberikan penghargaan.

Kata kunci: Talking Stick, Hasil Belajar, Limit Fungsi.

Abstract: This study aims for obtained a description of the application of cooperative learning model type talking stick that can improve learning outcomes limit the function of students class XI IPA 2 SMA Negeri 6 Palu. This type of research is a classroom action research (PTK). The design of this study refers to the design of Kemmis and Mc research. Taggart ie (1) planning, (2) implementation of action, (3) observation and (4) reflection. This study was conducted in two cycles. The data collected in this research is the data of student activity in following learning, data of teacher activity in managing learning and da ta result of final test of action. H acyl observation activities of teachers and students in the first cycle are in good category and in cycle II are in good sangant category. The results showed that the application of cooperative learning model of talking stick type can improve the learning result of the limit of student function of class XI IPA 2 SMA Negeri 6 Palu follow the phases, namely: (1) present goals and set, the teacher convey the perception and the purpose of learning; (2) present informasi, teachers motivating and explaining the usefulness of sticks and informing learning materials; (3) organize student into learning teams, teachers; (4) assist team work and study, teachers provide assistance as needed ; (5) test on the materials, the teacher gives the stick and then gives the questionand the student answers and makes the conclusion; (6) provide recognition, the teacher rewards.

Keywords: Talking Stick, Learning Outcomes, Limit Function

Downloads

Published

2018-03-21

How to Cite

Eka Surnyadewi, Dasa Ismaimuza, & Sukayasa3. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LIMIT FUNGSI SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 6 PALU. Aksioma, 7(1), 100–115. https://doi.org/10.22487/aksioma.v7i1.185

Issue

Section

Articles