Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A di SMP Negeri 12 Palu

Authors

  • Ni Wayan Kusriati Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Bustamin Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Mursito S. Bialangi Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22487/jbse.v6i2.1057

Keywords:

Pembelajaran kooperatif; Hasil belajar; SMP Negeri 12 Palu

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan di kelas VIII A di SMP Negeri 12 Palu, dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan menggunakan model Number Head Together suasana belajar dalam kelas tidak membosankan sehingga siswa termotivasi dan berpengaruh terhadap hasil belajar. Subyek dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas VIII A yang terdaftar pada ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pratindakan ketuntasan belajar mencapai 35%. Pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal 60% dan daya serap klasikal 68,25%. Pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal 85% dan daya serap klasikal 82,25%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan siklus II, disimpulkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A di SMP Negeri 12  Palu pada pembelajaran biologi.

Downloads

Published

2021-07-04

How to Cite

Kusriati, N. W., Bustamin, & Bialangi, M. S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A di SMP Negeri 12 Palu. Journal of Biology Science and Education, 6(2), 340–345. https://doi.org/10.22487/jbse.v6i2.1057

Most read articles by the same author(s)