Hubungan antara Keterampilan Guru dengan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Online Mata Pelajaran Biologi Kelas X MIPA SMA Negeri 5 Palu

Authors

  • Jerikson Rorimpandey Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Amran Rede Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Gamar B.N. Shamdas Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Mursito S. Bialangi Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22487/jbse.v9i2.1740

Keywords:

Keterampilan guru; Minat belajar siswa; Pembelajaran online

Abstract

Penelitian ini untuk menentukan hubungan antara keterampilan guru dengan minat belajar siswa dalam pembelajaran online pada mata pelajaran biologi kelas X MIPA SMA Negeri 5 Palu. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian korelasional kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 5 Palu yang berjumlah 179 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan teknik Probability Sampling yaitu setiap kelas hanya diambil 9 orang siswa dengan kategori prestasi tinggi, sedang dan rendah dengan jumlah keseluruhanya yaitu 45 siswa. Hasil penelitian yang dikumpulkan melalui penyebaran angket dan diolah dengan menggunakan bantuan uji korelasi di peroleh nilai sebesar 0,197, dimana nilai tersebut termasuk kategori tingkat hubungan sangat rendah. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan H1 ditolak, artinya Tidak terdapat hubungan yang kuat antara Keterampilan Guru dengan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Online pada mata pelajaran Biologi Kelas X MIPA SMA Negeri 5 Palu.

Downloads

Published

2022-02-21

How to Cite

Rorimpandey, J. ., Rede, A., Shamdas, G. B., & Bialangi, M. S. (2022). Hubungan antara Keterampilan Guru dengan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Online Mata Pelajaran Biologi Kelas X MIPA SMA Negeri 5 Palu. Journal of Biology Science and Education, 9(2), 828 8 36. https://doi.org/10.22487/jbse.v9i2.1740

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>