Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas XI SMA Negeri 5 Palu

Authors

  • Enceng Oktaviani Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Amran Rede Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Lilies Tangge Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22487/jbse.v6i1.1010

Keywords:

Hasil belajar; Demonstrasi; Biologi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan di kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 5 Palu, dengan mengunakan metode demostrasi, bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan penggunaan metode demostrasi suasana belajar dalam kelas tidak membosankan bagi siswa sehingga siswa termotivasi dan berpengaruh terhadap hasil belajar. Subyek dalam penelitian ini adalah 34 siswa kelas XI yang terdaftar pada ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas dua siklus. Dimana setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdapat tempat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pratindakan ketuntasan belajar mencapai 75,64%. Pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal 67,65% dan daya serap klasikal 77,65%. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal 85,29% dan daya serap klasikal 83,73%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan siklus II, disimpulkan bahwa melalui penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 5 Palu pada pembelajaran biologi.

Downloads

Published

2021-06-24

How to Cite

Oktaviani, E., Rede, A., & Tangge, L. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas XI SMA Negeri 5 Palu. Journal of Biology Science and Education, 6(1), 196–200. https://doi.org/10.22487/jbse.v6i1.1010

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>