PENERAPAN LANGKAH-LANGKAH POLYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP NEGERI 19 PALU

Authors

  • Resky Yuliani Putri
  • Abdul Hamid Universitas Tadulako
  • I Nyoman Murdiana Universitas Tadulako

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan langkah-langkah Polya yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi soal cerita sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini mengacu pada desain penelitian  Kemmis dan Mc. Taggart  yakni (1)perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran, data aktivitas guru dalam mengelolah pembelajaran dan data hasil tes akhir tindakan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan langkah-langkah Polya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 19 Palu melalui beberapa langkah yaitu: (1) memahami masalah, (2) membuat perencanaan, (3) melaksanakan perencanaan dan (4) melakukan pengecekkan kembali dari hasil yang diperoleh. 

Kata Kunci:   Langkah-langkah Polya, hasil belajar, soal cerita,sistem persamaan linear dua variabel.

Abstrack: The aim of this research was to obtain a description applying of Polya steps to improve students’ learning outcomes to the Equal System Linear Two Variabels of story question in class VIII  SMP Negeri 19 Palu. The type of research is classroom action research (CAR). The design of this research refered to the kemmis and Mc. Taggart’s research design, those are (1) planning, (2) action, (3) observation and (4)reflection. This research collects data about student’s activities while attent learning, data about teacher’s activities while manage learning and testing after action. This research was conducted in two cycles and each cycle was conducted in two sessions. The result of this research is the applying of Polya steps can improve the student’s learning outcomes to the Equal System Linear Two Variabels of story question in class VIII  SMP Negeri 19 Palu through some steps, those are: (1) problem understanding (2) plan making, (3) plan doing, and (4) rechecking result.

Keywords: Polya steps,learning outcomes, problem story, equal system linear two variabels

Downloads

Published

2016-09-25

How to Cite

Resky Yuliani Putri, Abdul Hamid, & I Nyoman Murdiana. (2016). PENERAPAN LANGKAH-LANGKAH POLYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP NEGERI 19 PALU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 4(1), 543–557. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/308

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>