PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DIAGRAM VENN DAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS VII MTs ALKHAIRAAT BOBO

Authors

  • Haryati Ruslan Universitas Tadulako
  • Mustamin Idris Universitas Tadulako
  • Linawati Universitas Tadulako

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan perbedaan hasil belajar siswa pada materi diagram venn dan operasi himpunan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan model pembelajaran langsung di kelas VII MTs Alkhairaat Bobo. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu perbedaan hasil belajar siswa pada materi diagram venn dan operasi himpunan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan model pembelajaran langsung di kelas VII MTs Alkhairaat Bobo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan One-Shot Case Study Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII MTs Alkhairaat Bobo yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017, sebanyak 3 kelas yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah Kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 orang dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 24 orang. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 12,13 dengan standar deviasi 2,79 dan kelas kontrol 10,46 dengan standar deviasi 2,75. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 2,09 dan ttabel = 2,021 pada taraf signifikan 0,05, karena nilai thitung > ttabel, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran langsung.                                                                                                                                                     

Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe NHT, model pembelajaran langsung, hasil belajar.

Abstract: The purpose of this research is to know the difference in student learning outcomes on the material a venn diagram and set operations using the learning model cooperative learning model and NHT directly in Class VII MTs Alkhairaat Bobo. The hypothesis of this research is done in IE the difference in student learning outcomes on the material a venn diagram and the operation of the set cooperative learning model by using the type and model of the NHTdirect learning in Class VII MTs Alkhairaat Bobo. This researchis a quantitative research experiments with design research using the One-Shot Case Study Design. The population in this research the wholesaler VII MTs Alkhairaat Bobo are registered on the 2016/2017 school year, as lantas three classes totaled 72 student The technique of sampling is done with simple random sampling. The research sample which became the class adalab Class VII a. as class experiments amounted to 24 persons and classes VII B grade as controls that add up to 24 people. The results of the data analysis diperoJeh average value of experimental class at 12 with a standard deviation of the control class and 2.79 at 10 with the standard deviation is. Calculation based on hypothesis test obtained t hitu = 2.09 and t = table 2.021 at significant levels 0.05, because the value t calculate the t table, then HI Ho accepted and rejected. So it can be concluded that there is a significant learning outcome differences between students who follow learning with cooperative learning model type NHT with the students who follow learning with a learning model directly.

Keywords: Cooperative learning of NHT, direct learning, achievement.

Downloads

Published

2017-09-24

How to Cite

Haryati Ruslan, Mustamin Idris, & Linawati. (2017). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DIAGRAM VENN DAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS VII MTs ALKHAIRAAT BOBO. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5(1), 37–44. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/352

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>