PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS VII MTS AL-KHAIRAAT TONDO

Authors

  • Irawati
  • Dasa Ismaimuza Universitas Tadulako
  • Baso Amri Universitas Tadulako

Abstract

Abstrak: Penelitian  ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif  tipe NHT  yang dapat  meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persamaan linear satu variabel. Desain  penelitian  mengacu  pada  model Kemmis dan Mc. Taggart, yakni kegiatan persiklus mulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan  model pembelajaran  kooperatif  tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Al-Khairaat Tondo pada  materi persamaan  linear satu variabel. Dengan mengikuti fase-fase yaitu: pada fase 1 peneliti menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat pembelajaran untuk memotivasi siswa; pada fase 2 peneliti menyajikan materi persamaan linear satu variabel; pada fase 3 peneliti membagi siswa kedalam  beberapa kelompok kecil, kemudian  memberi nomor kepada setiap anggota kelompok kecil, pada fase 4 peneliti memberikan soal-soal kepada siswa dalam bentuk LKS; pada fase 5 siswa diminta untuk berfikir bersama dalam menyelesaikan soal-soal pada LKS dan peneliti memberikan bimbingan seperlunya; pada fase 6 peneliti menyebut 1 nomor dan siswa yang memiliki nomor tersebut mempresentasikan hasil LKS kelomponya di depan kelas; dan fase 7 peneliti memberikan penghargaan kepada setiap kelompok.

Kata Kunci: Kooperatif  tipe Numbered Head Together, hasil belajar, persamaan linear satu variabel.

Abstract: This study aimed to describe the application of cooperative learning model Numbered  headtogether that can improve student learning outcomes in the material linear equations of one variable. The study design refers to the model Kemmis and Mc. Taggart, namely persiklus activities ranging from planning, action, observation, and reflection. The results showed that the application of cooperative learning model NHT can improve learning outcomes of students of class VII MTs Al-Khairaat Tondo on the material linear equations of one variable. By following phases namely: in phase 1 researchers express purpose of learning and learning benefits to motivate students; in phase two researchers presenting material linear equation of one variable; in phase 3 researchers divided the students into small groups, then gave a number to each member of a small group, then gave numbering to each member of the group; in phase 4 researchers give problems to students in the form of worksheets; in phase 5 students were asked to think together in solving problems on a worksheet and researchers provide guidance as necessary; in phase 6 researchers called one number and the number of students who have presented the results of LKS  groupa in  front  of  the  class; and phase 7 researchers presented awards to each group.

Keywords :  Cooperative tipeNumbered  Head Together , learning outcomes , linear equations of one variable .

Downloads

Published

2016-09-25

How to Cite

Irawati, Dasa Ismaimuza, & Baso Amri. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS VII MTS AL-KHAIRAAT TONDO. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 4(1), 582–591. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/311

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>