PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS VII MTS AL-KHAIRAAT TONDO
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persamaan linear satu variabel. Desain penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart, yakni kegiatan persiklus mulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Al-Khairaat Tondo pada materi persamaan linear satu variabel. Dengan mengikuti fase-fase yaitu: pada fase 1 peneliti menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat pembelajaran untuk memotivasi siswa; pada fase 2 peneliti menyajikan materi persamaan linear satu variabel; pada fase 3 peneliti membagi siswa kedalam beberapa kelompok kecil, kemudian memberi nomor kepada setiap anggota kelompok kecil, pada fase 4 peneliti memberikan soal-soal kepada siswa dalam bentuk LKS; pada fase 5 siswa diminta untuk berfikir bersama dalam menyelesaikan soal-soal pada LKS dan peneliti memberikan bimbingan seperlunya; pada fase 6 peneliti menyebut 1 nomor dan siswa yang memiliki nomor tersebut mempresentasikan hasil LKS kelomponya di depan kelas; dan fase 7 peneliti memberikan penghargaan kepada setiap kelompok.
Kata Kunci: Kooperatif tipe Numbered Head Together, hasil belajar, persamaan linear satu variabel.
Abstract: This study aimed to describe the application of cooperative learning model Numbered headtogether that can improve student learning outcomes in the material linear equations of one variable. The study design refers to the model Kemmis and Mc. Taggart, namely persiklus activities ranging from planning, action, observation, and reflection. The results showed that the application of cooperative learning model NHT can improve learning outcomes of students of class VII MTs Al-Khairaat Tondo on the material linear equations of one variable. By following phases namely: in phase 1 researchers express purpose of learning and learning benefits to motivate students; in phase two researchers presenting material linear equation of one variable; in phase 3 researchers divided the students into small groups, then gave a number to each member of a small group, then gave numbering to each member of the group; in phase 4 researchers give problems to students in the form of worksheets; in phase 5 students were asked to think together in solving problems on a worksheet and researchers provide guidance as necessary; in phase 6 researchers called one number and the number of students who have presented the results of LKS groupa in front of the class; and phase 7 researchers presented awards to each group.
Keywords : Cooperative tipeNumbered Head Together , learning outcomes , linear equations of one variable .
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2016 Author
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.