PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI DALAM SEGITIGA SIKU-SIKU DI KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 2 PALU

Authors

  • Nurseha
  • Muh. Hasbi Universitas Tadulako
  • Dasa Ismaimuza Universitas Tadulako

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perbandingan trigonometri dalam segitiga siku-siku di kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian yang dilakukan mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni:  (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Palu. Dari subjek penelitian tersebut dipilih 3 orang informan dengan kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, wawancara, dan catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perbandingan trigonometri dalam segitiga siku-siku di kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Palu melalui tahap-tahap sebagai berikut: (1) perumusan masalah, (2) pemrosesan data dan penyusunan konjektur, (3) pemeriksaan konjektur, (4) verbalisasi konjektur, dan (5) umpan balik.

Kata Kunci:  Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing; Hasil Belajar; Perbandingan Trigonometri dalam Segitiga Siku-Siku.

Abstract: The purpose of this research was to obtain describe the application of guided discovery learning model which can in order to improve students learning results on comparison of trigonometry in right triangle material in grade  X MIA 1 SMA Negeri 2 Palu. This research is a classroom action research (CAR). As the research design refers to the design of the research of Kemmis and Mc. Taggart, that is: (1) planning, (2) action, (3) observation and (4) reflection. The subject of this research is student of grade X MIA 1 SMA Negeri 2 Palu. The research subjects chosen from 3 informants with high ability, medium and low. The type of data used was qualitative and quantitative data with data collection techniques were observation, tests, interviews, and field notes. This research was conducted in two cycles.The research results showed  that the application  of  guided discovery learning model can improve students learning results on comparison of trigonometry in right triangle material in grade  X MIA 1 SMA Negeri 2 Palu through the following steps: (1) formulation of the problem, (2) data processing and preparation of conjecture, (3) examination conjecture, (4) verbalization conjecture, and (5) feedback.

Keywords: Guided Discovery Learning Model; Learning Results; Comparison of Trigonometry in Right Triangle.

Downloads

Published

2017-09-24 — Updated on 2017-12-24

How to Cite

Nurseha, Muh. Hasbi, & Dasa Ismaimuza. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI DALAM SEGITIGA SIKU-SIKU DI KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 2 PALU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5(2), 162–174. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/368

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>