PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI KELAS VII SMPN 6 PALU

Authors

  • Akhyar H. M. Tawil
  • Dasa Ismaimuza
  • Sutji Rochaminah

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan pendekatan scientific pada model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi garis dan sudut di kelas VII unggulan I SMP Negeri 6 Palu. Rancangan penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan scientific pada model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi garis dan sudut melalui kegiatan: (1) tahap think, siswa mencoba menjiplak dan mengukur untuk menemukan sudut-sudut yang sama besar, mengamati gambar dua garis sejajar yang dipotong oleh garis lain. (2) tahappair, siswa bersama pasangannya menalar hubungan sudut-sudut yang terbentuk dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis lain.(3) tahap share, siswabersama-sama kelompok mengkomunikasikan hasil temuannyadi depan kelas.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS); pendekatan scientific;pemahaman siswa; garis dan sudut.

 

Abstract: The aim of this research was to obtain the description of application scientific approach at cooperative learning of think pair share (TPS) to improve student understanding on line and angel in class VII Unggulan I SMP Negeri 6 Palu. The design of this research to Kemmis’ and Mc. Taggarts’design those are: (1) planning, (2) action, (3) observation and (4) reflection. This research was conducted in two cycles. The research result indicating that the application of scientific approach at cooperative learning of think pair share (TPS) can increase students understanding on line and angel through activities: (1) step think, students tried to copy and measured to find the angels which have same size, observed the picture of two parallel lines are intersected by another line, (2) step pair, students with they pair associating the relationship of the angels that are formed from two parallel lines are intersected by another line,(3) step share, studentstogether with they group communicated their discovery result in fron of the class.

 

Keywords: Cooperative learning type think pair share (TPS); scientific approach; student understanding; line and angel.

Downloads

Published

2014-09-22

How to Cite

Akhyar H. M. Tawil, Dasa Ismaimuza, & Sutji Rochaminah. (2014). PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI KELAS VII SMPN 6 PALU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 87–97. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/228

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>