PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN ALAT PERAGA KARTU VARIABEL DAN KARTU KONSTANTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS VII MTsN POSO PESISIR
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan alat peraga kartu variabel dan kartu konstanta yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persamaan linear satu variabel di kelas VII MTsN Poso Pesisir. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan alat peraga kartu variabel dan kartu konstanta dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persamaan linear satu variabel di kelas VII MTsN Poso Pesisir mengikuti fase-fase sebagai berikut: 1) penyampaian tujuan dan penyiapan siswa, 2) penyajian informasi, 3) pengorganisasian siswa ke dalam tim-tim belajar, 4) kerja tim dan belajar, 5) evaluasi, dan 6) pemberian penghargaan.
Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif, kartu variabel dan kartu konstanta, hasil
belajar, persamaan linear satu variabel
Abstract: This research aimed at describing the applying cooperative learning with the assist instrument of variable and constant cards that can improve Student’s learning on material of linear equation of one variable in class VII MTsN Poso Pesisir. This research is a class action research (CAR). This research design refers to a model by Kemmis and Mc. Taggart which consists of four components: 1) Planning, 2) Action, 3) Observation, and 4) Reflection. The result of the research shows that the applying cooperative learning with the assist instrument of variable and constant cards can improve student’s learning on material of linear equation system of one variable in class VII MTsN Poso Pesisir by folowing the phases, those are 1) present goal and set, 2) present information, 3) organize students into learning teams, 4) assist team work and study 5) test on the materials, and 6) provide recognition.Keywords: Cooperative learning, variable and constant cards, learning outcomes, linear
equation of one variable
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2016 Author
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.