PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BENTUK PANGKAT DI KELAS X MIA SMA NEGERI 6 PALU

Authors

  • Rydwan Balo
  • Dasa Ismaimuza
  • Rita Lefrida

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode penemuan terbimbing dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bentuk pangkat di kelas X MIA  SMA Negeri 6 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni  (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bentuk pangkat di kelas X MIA SMA Negeri 6 Palu melalui langkah-langkah sebagai berikut: (1) perumusan masalah, guru memberikan informasi pokok-pokok materi dan memberikan LKS kepada siswa; (2) pemrosesan data dan penyusunan konjektur, siswa mengamati, menalar dan mencoba mengerjakan LKS secara berkelompok serta menyusun konjektur dari LKS yang dikerjakan; (3) pemeriksaan konjektur, guru memeriksa hasil konjektur siswa dan memberikan alasan terhadap konjektur siswa yang melakukan kesalahan; (4) verbalisasi konjektur, siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas; dan (5) umpan balik, guru memberikan soal latihan kepada siswa.

 

Kata Kunci: Metode Penemuan Terbimbing; Hasil Belajar; Bentuk Pangkat.

Abstract: The aim of this research is to describe the application of guided discovery method in order to improve students learning outcomes on material exponential form of in Class X MIA SMA Negeri 6 Palu. This research is a classroom action research (CAR). As the research design refers to the design of the research of Kemmis and Mc. Taggart that is (1) planning, (2) action, (3) observation and (4) reflection. This research was conducted in two cycles. The research results showed that the applying the guided discovery method can improve students learning outcomes on material exponential  form in Class X MIA SMA Negeri 6 Palu through the following steps: (1) formulation of the problem, teachers provide information points materials and worksheets to students; (2) data processing and preparation of conjecture, students observe, reason and try to do the worksheets in groups and formulate a conjecture of worksheets is done; (3) examination conjecture, teachers examine the results of a conjecture of students and provide a reason to conjecture that students make mistakes; (4) verbalization conjecture, students presented the results of group work in front of the class; and (5) feedback, teachers give practice questions to students.

 

Keywords: Guided Discovery Method; Learning Outcomes; Exponential Form.

Downloads

Published

2015-06-20

How to Cite

Rydwan Balo, Dasa Ismaimuza, & Rita Lefrida. (2015). PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BENTUK PANGKAT DI KELAS X MIA SMA NEGERI 6 PALU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(4), 436–447. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/263

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>