PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN GARIS BILANGAN PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT

Authors

  • Fevi Andrayana
  • Muh. Hasbi Universitas Tadulako
  • Muh. Rizal Universitas Tadulako

Keywords:

NHT, Hasil belajar, Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, Bilangan bulat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada penjumlahan dan penurangan bilangan bulat siswa kelas VII A MTs Alkhairaat Maleni. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Desain penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini berlokasi di MTs Alkhairaat Maleni. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A MTs Alkhairaat Maleni yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 25 siswa. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, data aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran, data hasil tes awal dan data hasil tes akhir tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A MTs Alkhairaat Maleni pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, dengan tahapan yaitu : 1) penyampaian tujuan pembelajaran dan pemberian motivasi siswa, 2) penyajian informasi, 3) penomoran dan 4) pemberian pertanyaan.

Downloads

Published

2021-09-22

How to Cite

Fevi Andrayana, Muh. Hasbi, & Muh. Rizal. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN GARIS BILANGAN PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 9(1), 24–36. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/1355

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>