PENERAPAN PENDEKATAN CTL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI DI KELAS VIIA SMP NEGERI 13 SIGI

Authors

  • Afriani Maso
  • Ibnu Hadjar Universititas Tadulako
  • Linawati Universitas Tadulako

Keywords:

CTL approach, learning autcomes, proportion equality, inverse material

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang Penerapan Pendekatan CTL dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perbandingan Senilai dan Perbandingan Berbalik Nilai di Kelas VIIA SMP Negeri 13 Sigi. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan desainnya menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, dengan tahapannya yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjeknya adalah seluruh siswa kelas VIIA yang berjumlah 27 orang siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas guru siklus I dan siklus II memperoleh kriteria taraf keberhasilan sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan baik, dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan sangat baik. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA SMP Negeri 13 Sigi pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai, dengan memuat tujuh komponen yaitu: 1) kontruktivisme, 2) bertanya, 3) menemukan, 4) masyarakat belajar, 5) pemodelan, 6) refleksi dan 7) penilaian autentik.

Kata kunci : pendekatan CTL, hasil belajar, perbandingan senilai dan berbalik nilai.

Abstract: The objective of this research was described the application of  CTL approach in at attempt improve student learning outcomes of mathematic on proportion equality and inverse material to the VIIA SMP Negeri 13 Sigi. In this case, the researcher applied Class Action Research (CAR) and the desing referred to Kemmis and Mc. Taggart model which covered planning, action, observation, and reflection. The subjects of the research were 27 students. This research was divided into two cycles, each of these cycles included one meetings. The results showed that the result of observations of teacher activity in cycle I and cycle II obtained very good criteria for success. The results of observations of the activities of students in cycle I are obtaining good success criteria, and have increased in cycle II, namely obtaining very good success criteria.from the results of the research, it can be concluded that the application CTL approach in at attempt improve student learning outcomes of mathematic on proportion equality and inverse material to the VIIA SMP Negeri 13 Sigi in proportion  through some componens: 1) contructivism, 2) questioning, 3) inquiry, 4) learning community, 5) modeling, 6) reflection and 7) authentic assessment.

Downloads

Published

2021-09-22

How to Cite

Afriani Maso, Ibnu Hadjar, & Linawati. (2021). PENERAPAN PENDEKATAN CTL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI DI KELAS VIIA SMP NEGERI 13 SIGI. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 9(1), 1–12. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/1344

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>