Analisis Kadar Karbohidrat Tepung Biji Nangka (Artocarpus heterophyllus) sebagai Makanan Tambahan

Authors

  • Mukarramah Mukarramah Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Mestawaty As. Achmad Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Musdalifah Nurdin Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Lilies Lilies Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22487/jbse.v9i1.1658

Keywords:

Karbohidrat; Tepung Biji Nangka; Media Pembelajaran.

Abstract

Biji nangka (Artocarpus heterophyllus) merupakan salah satu produk makanan yang bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan untuk pembuatan tepung biji nangka. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kadar karbohidrat pada tepung biji nangka (Artocarpus heterophyllus). Kadar karbohidrat tepung biji nangka (Artocarpus heterophyllus)  dianalisis menggunakan metode Anthrone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai karbohidrat pada tepung biji nangka ulangan pertama sebesar 58,935%, ulangan kedua sebesar 54,201% dan ulangan ketiga sebesar 56,331% dengan nilai rata-rata sebesar 56,489%. Hasil validasi penelitian ini diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,40%. Dengan demikian, hasil penelitian ini sangat layak dikembangkan sebagai media pembelajaran dalam bentuk poster.

Author Biography

Mestawaty As. Achmad, Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia

Biji nangka (Artocarpus heterophyllus) merupakan salah satu produk makanan yang bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan untuk pembuatan tepung biji nangka. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kadar karbohidrat pada tepung biji nangka (Artocarpus heterophyllus). Kadar karbohidrat tepung biji nangka (Artocarpus heterophyllus) dianalisis menggunakan metode Anthrone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai karbohidrat pada tepung biji nangka ulangan pertama sebesar 58,935%, ulangan kedua sebesar 54,201% dan ulangan ketiga sebesar 56,331% dengan nilai rata-rata sebesar 56,489%. Hasil validasi penelitian ini diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,40%. Dengan demikian, hasil penelitian ini sangat layak dikembangkan sebagai media pembelajaran dalam bentuk poster.

Downloads

Published

2022-02-02

How to Cite

Mukarramah, M., Mestawaty As. Achmad, Nurdin, M., & Lilies, L. (2022). Analisis Kadar Karbohidrat Tepung Biji Nangka (Artocarpus heterophyllus) sebagai Makanan Tambahan. Journal of Biology Science and Education, 9(1), 711–714. https://doi.org/10.22487/jbse.v9i1.1658

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>