Keragaman Jenis Tumbuhan Paku (Pteridophyta) di Daerah Aliran Sungai Poboya Kota Palu dan Pemanfaatannya sebagai Media Pembelajaran

Authors

  • Muh Idris Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Samsurizal M Suleman Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Isnainar Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Hayyatun Mawaddah Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22487/jbse.v7i1.1127

Keywords:

Keragaman jenis; Tumbuhan paku; Media pembelajaran

Abstract

Tumbuhan paku adalah tumbuhan golongan herba yang menjadi bagian dari vegetasi penyusun vegetasi Daerah Aliran Sungai Poboya dalam kawasan TAHURA Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk menginventarisasi jenis-jenis tumbuhan paku dan kelayakannya sebagai media pembelajaran dalam bentuk poster. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode jalur dengan teknik pengambilan sampel melalui koleksi bebas. Berdasarkan hasil penelitian di Daerah Aliran Sungai Poboya diperoleh 15 jenis tumbuhan paku yang termasuk dalam 2 kelas, 3 Ordo, dan 8 Famili. Jenis paku terrestrial adalah Angiopteris angustifolia, Crypsinopsis platyphyllos, Diplazium esculentum, Drynaria sparsisora, Elaphoglossum callifolium, Nephrolepis biserrata, Nephrolepis falcata, Phymatosorus longissima, Pneumatopteris callosa, dan Selaginella plana. Jenis paku epifit adalah Adiantum cuneatum, Adiantum malesianum, Adiantum trapeziforme, Asplenium nidus, dan Blechnum vestitum. Poster mengenai jenis-jenis tumbuhan paku tergolong layak digunakan sebagai media dalam pembelajaran biologi.

 

Downloads

Published

2021-07-16

How to Cite

Idris, M., Suleman, S. M., Isnainar, & Mawaddah, H. (2021). Keragaman Jenis Tumbuhan Paku (Pteridophyta) di Daerah Aliran Sungai Poboya Kota Palu dan Pemanfaatannya sebagai Media Pembelajaran. Journal of Biology Science and Education, 7(1), 450–454. https://doi.org/10.22487/jbse.v7i1.1127

Most read articles by the same author(s)