Indentifikasi Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu

Authors

  • Joshua Dwi Caesar Waruwu Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako
  • Samsurizal M Suleman Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako
  • Astija Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/jbse.v10i2.3129

Keywords:

Kesulitan Belajar, Mata Pelajaran Biologi

Abstract

Kesulitan belajar siswa sudah banyak lakukan studi, namun bagaimana kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMP Negeri 19 Palu belum diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Biologi di SMP Negeri 19 Palu di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMP Negeri 19 Palu yang disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Pada faktor internal  indikator yang paling mendominasi kesulitan belajar adalah Sikap. Sedangkan pada faktor eksternal, indikator yang paling mendominasi kesulitan belajar adalah kegiatan praktikum.

Downloads

Published

2022-12-25

How to Cite

Waruwu, J. D. C. ., Suleman, S. M., & Astija. (2022). Indentifikasi Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Journal of Biology Science and Education, 10(2), 30–37. https://doi.org/10.22487/jbse.v10i2.3129

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>