Efektivitas Ekstrak Daun Lidah Mertua (Sansevieria trifasciata) Terhadap Kadar Serum Glutamate Oxaloacetate Transaminase Tikus Putih (Rattus norvegicus) Galur Wistar yang Diinduksi dengan CCl4 dan Pemanfaatannya sebagai Media Pembelajaran

Authors

  • Riki Rianto Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Achmad Ramadhan Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22487/jbse.v7i1.1125

Keywords:

Daun Lidah Mertua, Rattus norvegicus, Serum Glutamate Oxaloacetate Transaminase , CCl4, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode eksperimental (Eksperimental Research). Jenis rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL). jumlah sampel yang digunakan 24 ekor. Terdiri dari 6 kelompok perlakuan dan 4 ulangan. Kelompok (K Normal) merupakan kelompok tanpa perlakuan, (K-) hanya diinduksi CCl4 secara oral, PI diberi ekstrak daun lidah mertua konsentrasi 25%, PII diberi ekstrak daun lidah mertua konsentrasi 50%, PIII diberi ekstrak daun lidah mertua konsentrasi 75% dan PIV diberi ekstrak daun lidah mertua 100%. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan ANAVA yang diolah menggunakan program STAT-27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pemberian ekstrak daun lidah mertua terhadap darah tikus putih, yang ditandai dengan penurunan kadar Serum Glutamate Oxaloacetate Transaminase. Konsentrasi ekstrak daun lidah mertua yang optimal menurunkan kadar Serum Glutamate Oxaloacetate Transaminase darah tikus putih  yang diinduksi CCl4 yaitu pada konsentrasi 25%, 50%, 75 dan 100%, dan hasil penelitian ini layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam bentuk poster.

 

Downloads

Published

2021-07-16

How to Cite

Rianto, R., & Ramadhan, A. (2021). Efektivitas Ekstrak Daun Lidah Mertua (Sansevieria trifasciata) Terhadap Kadar Serum Glutamate Oxaloacetate Transaminase Tikus Putih (Rattus norvegicus) Galur Wistar yang Diinduksi dengan CCl4 dan Pemanfaatannya sebagai Media Pembelajaran. Journal of Biology Science and Education, 7(1), 435–441. https://doi.org/10.22487/jbse.v7i1.1125

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>