Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Anak Putus Sekolah Di DesaTtamarenja Kecamatan Sindue Tobata Kabupaten Donggala

Authors

  • Ika Listiqowati Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako
  • Zulfianti Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako

Keywords:

Lingkungan sosial, anak putus sekolah

Abstract

Permasalahan yang utama dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh lingkungan sosial terhadap anak putus sekolah yang ada di Desa Tamarenja Kecamatan Sindue Tobata Kabupaten Donggala, hal ini disebabkan oleh beberapa Faktor yang mempengaruhi seperti lingkungan keluarga,lingkungan sosial dalam masyarakat serta Anggapan atau presepsi dalam masyarakat bahwa pendidikan tidak menjamin dalam mendapatkan pekerjaan yang baik. Sehingga terdapat banyak anak putus sekolah yang ada di Desa Tamarenja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor-faktor apa yang menyebabkan banyaknya Anak Putus Sekolah yang ada di Desa Tamarenja Kecamatan Sindue Tobata Kabupaten Donggala (III) apa solusi yang dapat dilakukan dalam upaya mengurangi anak putus sekolah yang ada Desa Tamarenja Kecamatan Sindue Tobata Kabupaten Donggala. Metode penelitian yang digunakan berupa penelitian survei yang disusun berdasarkan hipotesis yang akan diuji dengan menguraikan variabel penelitian yang terdiri dari satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara, serta penyebaran angket. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa adanya Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Anak Putus Sekolah yang ada di Desa Tamarenja Kecamatan Sindue Tobata Kabupaten Donggala.

Downloads

Published

2019-05-23

How to Cite

Ika Listiqowati, & Zulfianti. (2019). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Anak Putus Sekolah Di DesaTtamarenja Kecamatan Sindue Tobata Kabupaten Donggala. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 16(1), 73–84. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jurpis/article/view/512