Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas XI IPS Pada SMA Negeri 7 Palu Di Kecamatan Tawaeli Kota Palu

Authors

  • Ika Listiqowati Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako
  • Emirah Abd. Kadir Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako

Keywords:

Model pembelajaran inkuiri, hasil belajar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran Inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar geografi di kelas XI IPS SMA Negeri 7 Palu. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperiment atau eksperimen semu dengan menggunakan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri dan kelompok kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional berupa ceramah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang dipilih secara purpose sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: (1) observasi, (2) dokumentasi, (3) tes belajar. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan nilai posttest lebih tinggi dari pada pretest. Hasil nilai postest atau tes akhir skor rata-rata untuk kelas eksperimen 66,83 dengan stadar deviasi 14,71 dan untuk kelas kontrol 57,16 dengan standar deviasi 14,28. Hasil uji hipotesis (uji-t) diperoleh Thitung sebesar 3,40 sedangkan Ttabel pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 46 yaitu 1,67. Hal ini berarti bahwa nilai Thitung berada pada daerah penerimaan H1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa geografi kelas XI IPS pada SMA Negeri 7 Palu di Kecamatan Tawaeli Kota Palu.

Downloads

Published

2020-06-15

How to Cite

Ika Listiqowati, & Emirah Abd. Kadir. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas XI IPS Pada SMA Negeri 7 Palu Di Kecamatan Tawaeli Kota Palu. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(1), 95–105. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jurpis/article/view/502